Senin, 18 Agustus 2025

LKPD KELAS 9 SENI RUPA BAB 2

 


KEGIATAN PEMBELAJARAN


2.1.1 AKTIVITAS INDIVIDU

Cocokkanlah gambar berikut dengan keterangan yang paling tepat dikolom sebelahnya dengan menarik garis menggunakan alat tulis kalian.



  1.   a.







  1.   b.





  1.   c.





  1.   d.






  1.   e.








Sumber : Irma Nurul dkk., 2022








2.1.2 AKTIVITAS KELOMPOK

Aktivitas 1

Petunjuk pengerjaan :

  1. Bentuklah kelompok setiap kelompok terdiri dari 5-6 orang

  2. Perhatikanlah desain poster berikut dan diskusikan dengan teman-teman satu kelompokmu untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut !



IMG_256




Gambar 2.1 Poster A     Gambar 2.1 Poster B

Sumber : https://broonet.com Sumber : Irma Nurul dkk., 2022
























Aktivitas 2

Petunjuk pengerjaan !

  1. Buatlah kelompok yang terdiri dari 3-4 orang. 

  2. Baca dengan cermat contoh soal studi kasus berikut dan diskusikan dengan anggota kelompokmu untuk membuat perencanaan poster berdasarkan soal yang diberikan.

  3.  Buatlah poster di kertas a4 secara berkelompok dan pindahkan sketsa kasarnya secara mandiri pada lembar kerja yang telah disediakan. 


Soal studi kasus :

Di SMP Karya Bangsa akan melaksanakan kegiatan pameran seni rupa khususnya karya seni lukis kelas 9 yang akan dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 01 Februari 2025 jam 09.00 - 16.00 WITA yang bertempat di gedung serbaguna SMP Karya Bangsa. Pameran yang akan dilaksanakan ini bukan hanya untuk siswa dan siswi SMP Karya Bangsa saja, tetapi dibuka untuk semua kalangan masayarakat.  Ketua penyelenggara masih memikirkan tema yang tepat yang akan digunakan. Anggota panitia mengusulkan beberapa tema berikut diantaranya : 

  1. Anak Muda Berkarya

  2. Art as Lifestyle

  3. Manusia, Alam & Dirinya Sendiri

  4. Goresan Yang Bercerita


Tugas !

Silahkan kalian pilih salah satu tema yang akan dibuat sebagai perencanaan desain poster pameran berdasarkan soal di atas. 

















































































2.1.3 Uji Pemahaman

Petunjuk !

- Bacalah soal dengan cermat dan teliti.

- Berilah tanda (X) pada jawaban A, B, C dan D yang menurutmu paling benar 


Soal :


  1. Dalam suatu desain, hal yang ingin disampaikan disebut dengan . . .

  1. Arah

  2. Fungsi

  3. Pesan

  4. Posisi 

  1. Salah satu prinsip dasar desain poster adalah hierarki visual. Apa yang dimaksud dengan hierarki visual ?

  1. Penggunaan warna yang seragam

  2. Pengaturan elemen agar terlihat rapi

  3. Pemilihan gambar yang menarik

  4. Urutan elemen berdasarkan tingkat kepentingannya

  1. Apa fungsi dari penggunaan warna dalam desain poster ?

  1. Menarik perhatian dan menyampaikan suasana

  2. Mengisi ruang kosong

  3. Menghemat biaya percetakan

  4. Memastikan poster terlihat sama di semua tempat

  1. Elemen apakah yang paling penting dalam desain poster ?

  1. Ukuran kertas

  2. Warna dan Tipografi

  3. Harga tinta printer

  4. Jenis kertas yang digunakan

  1. Poster dapat ditemui ditempat-tempat umum. Selain itu, poster dapat digunakan sebagai media publikasi kepada banyak orang. Supaya mampu menarik pembaca, maka poster perlu ditambahkan gambar. Adapun gambar pada poster adalah gambar yang…

  1. Bertemakan pendidikan

  2. Mencolok dan menarik

  3. Tidak sesuai dengan tema

  4. Hasil lukisan pelukis terkenal


Petunjuk pengerjaan:

- bacalah soal dengan seksama

- Jawablah setiap pertanyaan dengan singkat dan jelas sesuai dengan ruang yang telah disediakan.


Soal:

  1. Komposisi yang tidak sama antara kiri dan kanan adalah keseimbangan______________sedangkan penempatan yang sama persis antara kiri dan kanan adalah keseimbangan___________.

  2. Elemen poster yang paling mencolok adalah___________yang juga dapat menyampaikan pesan kepada pembaca.

  3. Unsur-unsur yang paling kecil adalah___________jika digabungkan akan membentuk __________



Refleksi


Bagaimana perasaanmu dalam mempelajari materi ini ?


Apakah ada kesulitan yang kamu  alami dalam memahami materi ini?  Jika ada, kesulitan apa?


Manfaat apa yang kamu perolah dalam  materi ini?


Apakah kamu dapat menerapkan  pemahamanmu tentang materi ini  dalam kegiatan sehari-hari? Jelaskan  alasanmu


Saya terlibat aktif dalam kegiatan  pembelajaran ini

Sangat Setuju / Setuju / Tidak Setuju / Sangat  Tidak Setuju

Suasana pembelajaran membuat saya  bersemangat untuk belajar dan  mengetahui lebih banyak

Sangat Setuju / Setuju / Tidak Setuju / Sangat  Tidak Setuju

Saya merasa nyaman untuk  

mengungkapkan pendapat selama  kegiatan pembelajaran ini

Sangat Setuju / Setuju / Tidak Setuju / Sangat  Tidak Setuju

Diskusi dalam kelompok berjalan asyik 

Sangat Setuju / Setuju / Tidak Setuju / Sangat  Tidak Setuju


UMPAN BALIK

NILAI

PARAF GURU




Referensi 

- Fatimah, Irma Nurul & Fadia Alyani Kumala, 2022. Buku Panduan Guru Seni Rupa untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asasmen Pendidikan Pusat Perbukuan

- Sugiyanto & Setyobudi, 2023. Seni Rupa untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Erlangga




Subunit 2.2  “Desain Dekorasi untuk Pameran atau Unjuk Kerja”

PROFIL PELAJAR PANCASILA

Pada akhir pembelajaran unit ini diharapkan siswa mampu bernalar kritis melalui penerapan dekorasi yang sesuai dengan proporsi ruang. Dimensi gotong royong akan terlihat dari kemampuan bekerja sama dan berkolaborasi antarsiswa untuk menghasilkan pameran unjuk kerja mereka. Di berkebinekaan global terlihat dari aspek mengeksplorasi aspek elemen lokal sehingga menambah pengalaman kebhinekaan siswa.

CAPAIAN PEMBELAJARAN DAN TUJUAN PEMBELAJARAN


CAPAIAN PEMBELAJARAN

TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik mampu Mengidentifikasi,mengeksplorasi, dan  membandingkan prinsip desain poster dalam kehidupan sehari-hari. Membuat konsep dan perencanaan untuk menciptakan karya seni rupa menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki.

  1. Menerapkan prinsip desain dekoratif dalam ruang.


  1. Membuat karya desain dekorasi sebagai penunjang pameran.


MATERI PEMBELAJARAN


Pameran adalah suatu media bagi seniman atau pengrajin dalam memperkenalkan karyanya dengan tujuan tertentu. Misalnya tujuan komersial yang berarti menjual karya seni, tujuan sosial dan kemanusiaan yang artinya hasil penjualan akan disumbangkan kepada pihak yang membutuhkan dan tujuan pendidikan yakni menyebarkan informasi mengenai seni dan menjadi media promosi bagi karya itu sendiri.


Pameran juga dapat diartikan sebagai kegiatan untuk menyajikan karya seni dengan menarik sehingga dapat di apresiasi masyarakat. Manfaat pameran adalah meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengapresiasi karya seni. Pameran ini juga dapat mempererat tali silaturahmi antar seniman.


Untuk membuat pameran yang lebih sukses dan menarik, perlu adanya persiapan yang matang dalam prosesnya. Misalnya kita harus membuat desain dekorasi yang menarik dan kreatif agar pengunjung merasa nyaman dan lebih tertarik untuk datang ke pameran. 


Seni dekorasi adalah seni menghias atau memperindah suatu benda. Ruangan, atau objek lainnya agar terlihat lebih indah dan menarik. Dalam kegiatan pameran kita perlu membuat dekorasi yang sekreatif mungkin agar dapat memberikan rasa nyaman terhadap suasana dan menarik perhatian audiens. 







Untuk membuat dekorasi pameran, hal-hal yang perlu kita perhatikan diantaranya:


  1. Pencahayaan

Pencahayaan berperan penting dalam pameran karya seni, karena pencahayaan yang baik dapat membuat mata pengunjung nyaman dan dapat lebih menikmati hasil karya yang dipamerkan. Gunakan lampu dengan desain yang unik tetapi tidak berlebihan sehingga dapat menciptakan tampilan yang menarik.

  1. Material yang tepat

Selain pencahayaan , material yang tepat dapat kita gunakan untuk mendekorasi pameran misalnya dengan menggunakan batu alam, kayu, piva PVC dan lain-lain sebagai pendukung dekorasi pameran agar lebih menarik.

  1. Penataan bingkai display sesuai ukuran

Penataan display dalam pameran sesuai dengan ukuran misalnya lukisan yang besar diletakkan di area kosong atau area yang lebih luas sehingga ruangan pameran akan terlihat lebih luas. Display karya bisa dilakukan dengan cara menggantung atau berdiri.


dalam menyelenggarakan pameran seni, perlu dilakukan persiapan khusus yang meliputi hal-hal berikut:

  1. Perencanaan kerja kepanitiaan

  2. Penataan ruang pameran

  3. Pembukaan pameran


KEGIATAN PEMBELAJARAN


2.2.1 AKTIVITAS INDIVIDU

Petunjuk !

Jawablah beberapa pertanyaan berikut pada kolom yang telah di sediakan secara mandiri.

























2.2.2  AKTIVITAS KELOMPOK 


Petunjuk : Buatlah kelompok 5-6 orang untuk mengerjakan aktivitas kelompok ini, diskusikanlah secara bersama untuk mengisi tabel-tabel dibawah ini.


Soal : Buatlah perencanaan properti untuk dekorasi pameran seni rupa heterogen yang terdiri dari karya patung, lukis, poster maupun kerajinan yang di laksanakan di dalam gedung aula serbaguna.


Nama Kelompok :

Nama Anggota Kelompok :


Jenis Peralatan

Kuantitas (jumlah)

Karya yang dapat dibuat

Kain dan Tali

2 x 5 meter

Backdrop untuk pameran






























Isilah tabel berikut tentang cara mendisplay pameran berdasarkan soal di atas 


Jenis Karya

Cara Display dan Alat bahan yang dibutuhkan






















2.2.3 UJI PEMAHAMAN















2.2.3 UJI PEMAHAMAN


Petunjuk Pengerjaan !

- Bacalah soal dengan cermat dan teliti.

- Berilah tanda (X) pada jawaban A, B, C dan D yang menurutmu paling benar 


Soal :


  1. Tujuan dari penataan display sesuai ukuran adalah…

  1. Memberikan kesan unik

  2. Membuat ruangan lebih berwarna 

  3. Membuat mata pengunjung lebih nyaman

  4. Tampilan ruang menarik

  1. Berikut yang bukan poin-poin persiapan pameran adalah…

  1. Menata ruang pameran

  2. Kendaraan 

  3. Kepanitiaan

  4. Pembukaan pameran

  1. Mengapa penataan pencahayaan penting dalam desain dekorasi pameran ?

  1. Untuk mengurangi konsumsi listrik

  2. Untuk menjaga suhu ruangan

  3. Untuk memastikan keamanan pengunjung

  4. Untuk menciptakan efek dramatis dan menonjolkan karya seni

  1. Apa yang harus dipertimbangkan dalam menentukan tema dekorasi pameran ?

  1. Cuaca pada hari pameran

  2. Jenis produk yang dipamerkan

  3. Selera pribadi pengunjung

  4. Warna pavorit penyelenggara

  1. Mengapa penting dalam memilih bahan yang tepat dalam pameran ?

  1. Untuk menutupi produk

  2. Untuk menambah berat dekorasi pameran

  3. Untuk mengurangi kualitas produk

  4. Untuk memudahkan pemasangan dan pembongkaran 


Petunjuk pengerjaan:

- bacalah soal dengan seksama

- Jawablah setiap pertanyaan dengan singkat dan jelas sesuai dengan ruang yang telah disediakan.


Soal:

  1. Dekorasi pameran yang dilaksanakan di dalam ruangan disebut dengan dekorasi ______________sedangkan dekorasi yang dikerjakan diluar ruangan disebut dengan dekorasi_____________

  2. Melatih tanggung jawab setiap orang yang terlibat langsung dalam kegiatan pameran merupakan_____________pameran.

  3. Jika pameran dilaksanakan dengan tujuan untuk menjual karya seni dan hasilnya untuk kepentingan pribadi maka pameran itu mempunyai tujuan_______________sedangkan jika hasil penjualannya disumbangkan kepada pihak yang membutuhkan maka tujuan pameran berubah menjadi tujuan_________________________



Refleksi

Jawablah dengan jujur pernyataan dibawah ini dengan memberi √ pada salah satu kolom jawaban.

No

Pernyataan

Sangat Setuju

Setuju

Tidak Setuju

Sangat Tidak Setuju

1

Saya mampu memahami materi ini dengan baik





2

Saya terlibat aktif dalam pembelajaran





3

Saya merasa materi ini penting untuk kehidupan saya





4

Saya terlibat aktif dalam diskusi kelompok





5

Saya bersemangat dalam mengerjakan LKPD ini






Referensi


- Fatimah, Irma Nurul & Fadia Alyani Kumala, 2022. Buku Panduan Guru Seni Rupa untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asasmen Pendidikan Pusat Perbukuan

UMPAN BALIK

NILAI

PARAF GURU




- Sugiyanto & Setyobudi, 2023. Seni Rupa untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Erlangga



UNIT 3  MENGAPRESIASI

Sub Unit 3.1 “Membuat Jurnal Visual”

PROFIL PELAJAR PANCASILA

Pada akhir pembelajaran unit ini, siswa diharapkan mampu  meningkatkan dimensi kemandirian bernalar kritis melalui pengamatan terhadap elemen rupa dalam sebuah karya Dimensi beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia diharapkan tercermin dalam pengamatan terhadap makhluk hidup, budaya setempat, dan  lingkungan sekitar ketika membuat jurnal visual. Dimensi  berkebinekaan global dikembangkan dalam kegiatan mengamati karya seni di Indonesia

CAPAIAN PEMBELAJARAN DAN TUJUAN PEMBELAJARAN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik mampu membuat karya rupa berdasarkan gagasannya sendiri atau mengambil inspirasi dari luar dirinya dengan menggunakan dan menggabungkan pengetahuan unsur rupa, prinsip desain, gaya, atau teknik yang telah dipelajari. Peserta didik menerapkan prinsip- prinsip desain dalam menyusun unsur rupa pada karyanya.

elajari. Peserta didik menerapkan prinsip- prinsip desain dalam menyusun unsur rupa pada karyanya.

  • Peserta didik mampu Membuat jurnal visual yang berisi referensi ide, kumpulan gambar, dan tulisan-tulisan.

  • Peserta didik mampu  Mendokumentasikan proses berkarya melalui jurnal visual.


MATERI PEMBELAJARAN

Jurnal visual berisi sekumpulan karya, di mana siswa dapat menyimpan hasil pengamatannya dalam bentuk visual.  Membuat jurnal visual sangat penting karena siswa mempunyai referensi yang dapat digunakan untuk berkarya. Selain itu, jurnal visual dapat berfungsi sebagai alat untuk relaksasi bagi siswa. Sebagai remaja, siswa dihadapkan dengan persimpangan cabang pikiran. Mereka bisa saja menjadi tidak yakin dengan diri dan kemampuannya. 








Membuat jurnal visual dapat dijadikan sarana mengumpulkan ide dan membangun kemampuan menggambar secara bertahap. Aktivitas ini akan membangun rasa kepercayaan diri siswa bahwa mereka bisa berkarya. Salah satu cara menuntun siswa membuat jurnal visual adalah dengan memberikan tema sederhana. Kita dapat fokus kepada tiga hal dulu, yaitu observasi objek, kolase, dan teks. Untuk tulisan, siswa bisa mengumpulkan kutipan kata-kata yang mereka suka, selama kata-kata tersebut masih sopan dan tidak bertentangan dengan norma. Kutipan kata-kata bisa ditulis ulang dengan gaya yang menarik. 

Contoh-contoh gambar dapat dilihat di bawah ini.


















KEGIATAN PEMBELAJARAN

3.1.1 Aktivitas Kelompok

Menyusun Jurnal Visual

“Apa yang akan kamu gambar tentang sesuatu yang berhubungan dengan siapa dirimu?”

  1. Tema dan Ide

Pilihlah tema yang akan kamu gunakan dalam jurnal visual. Tema ini bisa berkaitan dengan tugas seni atau hal-hal yang menarik minatmu.

Tema yang dipilih:


  1. Kumpulan Gambar dan Referensi

  • Cari gambar, ilustrasi, atau potongan gambar dari berbagai sumber seperti buku, majalah, internet, atau foto pribadi. Gunakan gambar ini sebagai referensi visual untuk ide dan inspirasi.

  • Tempelkan gambar-gambar yang relevan di jurnal visual kamu.

Gambar yang digunakan: (untuk menempelkan gambar-gambar yang dipilih)







  1. Tulisan dan Ide

Tuliskan beberapa ide atau konsep yang muncul dalam pikiranmu berdasarkan gambar yang kamu pilih. Bisa berupa kata-kata, kalimat, atau deskripsi singkat mengenai gambar tersebut.

Tulisan yang dibuat








3.1.2 Aktivitas Individu

  1. Apa yang kamu rasakan setelah mengumpulkan gambar dan ide dalam jurnal visual ini?

Jawab:……………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………

  1. Bagaimana gambar dan tulisan yang kamu pilih dapat membantu dalam proses pengembangan karya seni?

Jawab:……………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………

  1. Apakah ada elemen atau tema tertentu yang sering muncul dalam jurnal visual kamu? Jelaskan!

Jawab:……………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………

  1. Mengapa membuat jurnal visual penting dalam proses kreatif?

Jawab:……………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………

  1. Sebutkan manfaat yang kamu dapatkan ketika mengumpulkan gambar dan tulisan dalam jurnal visual! Berikan penjelasan!

Manfaat

Penjelasan













3.1.3 Uji Pemahaman 


Soal Pilihan Ganda

Pilihlah jawaban yang tepat.

  1. Apa yang dimaksud dengan jurnal visual?

  1. Buku yang hanya berisi gambar tanpa kata-kata

  2. Buku yang berisi gambar, tulisan, dan referensi ide untuk menciptakan karya seni

  3. Buku catatan untuk menulis ide tanpa gambar

  4. Buku yang berisi tentang teknik menggambar saja

  1. Mengapa jurnal visual penting dalam proses kreatif? 

  1. Sebagai alat untuk menulis cerita

  2. Sebagai referensi untuk ide dan inspirasi dalam membuat karya seni

  3. Hanya untuk mengumpulkan gambar

  4. Untuk mencatat ide-ide yang tidak relevan dengan seni

  1. Apa saja elemen yang biasanya ada dalam jurnal visual? 

  1. Hanya gambar

  2. Gambar, tulisan, dan potongan gambar dari berbagai sumbe

  3. Hanya tulisan

  4. Hanya gambar dan sketsa

  1. Berikut ini bukan langkah-langkah yang benar dalam membuat jurnal visual

  1. Mengumpulkan gambar yang relevan dengan tema

  2. Menyusun tulisan-tulisan tentang pengalaman pribadi

  3. Membuat sketsa atau doodle berdasarkan ide

  4. Hanya menulis tanpa menggambar

  1. Jurnal visual dapat membantu dalam proses pembuatan karya seni karena: 

  1. Membantu mengorganisir dan mengembangkan ide-ide kreatif

  2. Menghindari penggunaan gambar

  3. Memungkinkan siswa untuk hanya menulis cerita

  4. Membatasi imajinasi dalam seni rupa

















Refleksi

Bagaimana jurnal visual yang kamu buat dapat membantu dalam membuat karya seni atau proyek seni berikutnya?

……………………………………………………………………………………………………………………………….….

……………………………………………………………………………………………………………………………….….

……………………………………………………………………………………………………………………………….….

Apakah ada ide atau tema yang berulang dalam jurnal visual yang kamu buat? Jelaskan hubungan antara tema tersebut dengan karya seni yang akan kamu ciptakan?

……………………………………………………………………………………………………………………………….….

……………………………………………………………………………………………………………………………….….

……………………………………………………………………………………………………………………………….…


Referensi 

Kemdikbudristek, Buku Panduan Guru Seni Rupa untuk SMP/MTs Kelas VIII, (Rassjoyo dan Ahmad Mutohar 2021). Umpan Balik Nilai Paraf Guru


Umpan Balik

Nilai

Paraf  Guru

















Sub Unit  3.2 “Apresiasi Karya Seni dengan Rutinitas Berpikir Visibel dan Tangga Umpan Balik”

PROFIL PELAJAR PANCASILA

Pada akhir pembelajaran unit ini, siswa diharapkan mampu  meningkatkan dimensi kemandirian bernalar kritis melalui pengamatan terhadap elemen rupa dalam sebuah karya Dimensi beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia diharapkan tercermin dalam pengamatan terhadap makhluk hidup, budaya setempat, dan  lingkungan sekitar ketika membuat jurnal visual. Dimensi  berkebinekaan global dikembangkan dalam kegiatan mengamati karya seni di Indonesia

CAPAIAN PEMBELAJARAN DAN TUJUAN PEMBELAJARAN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Peserta didik mampu membuat karya rupa berdasarkan gagasannya sendiri atau mengambil inspirasi dari luar dirinya dengan menggunakan dan menggabungkan pengetahuan unsur rupa, prinsip desain, gaya, atau teknik yang telah dipelajari. Peserta didik menerapkan prinsip- prinsip desain dalam menyusun unsur rupa pada karyanya.

  • Peserta didik menerapkan prinsip- prinsip desain dalam menyusun unsur rupa pada karyanya.

  • Siswa dapat menerapkan rutinitas berpikir visibel untuk mengapresiasi karya seni.

  • Siswa dapat memberikan umpan balik yang konstruktif terhadap karya seni teman sekelas menggunakan tangga umpan balik.

  • Siswa dapat menggunakan umpan balik untuk meningkatkan kualitas karya seni mereka sendiri.

MATERI PEMBELAJARAN

  1. Rutinitas Berpikir Visibel dalam Apresiasi Karya Seni

Rutinitas berpikir visibel adalah cara berpikir yang dapat terlihat oleh orang lain, yaitu suatu proses berpikir yang dilakukan secara sistematis untuk menganalisis dan mengapresiasi karya seni. Rutinitas ini membantu kita mengorganisir ide dan perasaan saat mengamati karya seni.

Langkah-langkah Rutinitas Berpikir Visibel:

  1. Melihat secara cermat (Observe): Amati karya seni dengan seksama.

  2. Menggambarkan secara visual (Describe): Gambarkan atau jelaskan apa yang kamu lihat dalam karya seni tersebut.

  3. Menganalisis (Analyze): Jelaskan elemen-elemen apa saja yang ada dalam karya seni tersebut, seperti garis, warna, bentuk, tekstur, dan komposisi.

  4. Menginterpretasi (Interpret): Apa yang dimaksud atau pesan yang ingin disampaikan oleh pembuat karya?

  5. Refleksi (Reflect): Bagaimana karya seni ini memengaruhi kamu? Apa yang kamu pelajari dari karya ini?


  1. Tangga Umpan Balik dalam Apresiasi Karya Seni

Tangga umpan balik adalah teknik memberikan umpan balik yang bersifat konstruktif dan membangun, yang digunakan untuk memberikan penilaian terhadap karya seni dengan cara yang jelas dan terstruktur. Umpan balik ini berguna untuk membantu orang lain meningkatkan kualitas karya mereka.

Langkah-langkah dalam Memberikan Umpan Balik:

  1. Deskripsi (Describing): Gambarkan apa yang kamu lihat dalam karya seni tanpa memberikan penilaian.

  2. Analisis (Analyzing): Jelaskan bagaimana elemen-elemen seni bekerja bersama untuk menciptakan efek yang diinginkan.

  3. Evaluasi (Evaluating): Berikan pendapat atau penilaian mengenai kekuatan dan kekurangan karya seni tersebut.

  4. Saran (Suggesting): Berikan saran atau ide yang dapat meningkatkan karya seni tersebut.

KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. Aktivitas Kelompok

  1. Pilihlah sebuah karya seni (lukisan, gambar, patung, atau foto) yang ada di sekitar kamu atau pilih karya seni dari internet.

  2. Lakukan langkah-langkah rutinitas berpikir visibel berikut:

Langkah 1: Melihat Secara Cermat

Apa yang kamu lihat dalam karya seni ini? Jelaskan elemen-elemen visual yang paling mencolok.

Jawaban: ……………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………

Langkah 2: Menggambarkan Secara Visual

Gambarkan atau buat sketsa singkat dari karya seni yang kamu pilih.

Jawaban: (Buatlah di kertas HVS/Kertas Gambar)


Langkah 3: Menganalisis Karya Seni

Jelaskan komponen-komponen yang ada dalam karya seni ini, seperti warna, bentuk, garis, dan komposisi.

Jawaban: 

Warna

Bentuk

Garis

Komposisi

























Langkah 4: Menginterpretasi Karya Seni

Apa makna atau pesan yang ingin disampaikan oleh karya seni ini menurut kamu?

Jawaban: ……………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………

Langkah 5: Refleksi

Apa yang kamu rasakan atau pelajari setelah melihat karya seni ini?

Jawaban: ……………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………


  1. Aktivitas Individu

1. Pilih karya seni teman atau karya yang kamu buat sendiri.

2. Berikan umpan balik dengan menggunakan tangga umpan balik di bawah ini

Deskripsi Karya Seni

Gambarkan apa yang kamu lihat dalam karya seni dibawah ini

































 Analisis Karya Seni

Jelaskan bagaimana elemen-elemen karya seni (seperti warna, komposisi, dan teknik)bekerja bersama untuk menciptakan efek.

Jawaban:

  • Warna  : …………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………….

  • Komposisi : ……………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………….

  • Teknik : ………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………….



Evaluasi Karya Seni

Apa yang menurut kamu baik dalam karya seni ini? Apa yang bisa diperbaiki?


Jawaban :………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………..


Saran untuk Meningkatkan Karya Seni

Berikan saran yang konstruktif untuk meningkatkan karya seni ini?

Jawaban :………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………..


  1. Uji Pemahaman

  1. Jelaskan Langkah-langkah Rutinitas Berpikir Visibel secara singkat dan jelas?

Jawaban :……………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………….

  1. Jelaskan Langkah-langkah dalam Memberikan Umpan Balik?

Jawaban :……………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….


  1. Bagaimana rutinitas berpikir visibel membantu kamu dalam melihat karya seni lebih mendalam?

Jawaban :……………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………..

  1. Apa manfaat yang kamu dapatkan dari memberikan umpan balik kepada teman?

Jawaban :……………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………….

  1. Bagaimana kamu dapat menggunakan umpan balik yang kamu terima untuk meningkatkan kualitas karya seni kamu?

Jawaban :……………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………..

Refleksi 


Bagaimana rutinitas berpikir visibel membantu kamu dalam mengapresiasi karya seni dengan lebih mendalam? 

……………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………

Apa yang kamu pelajari dari memberikan umpan balik terhadap karya seni orang lain?

……………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………

Bagaimana kamu akan menggunakan rutinitas berpikir visibel dan tangga umpan balik untuk meningkatkan kualitas karya seni kamu sendiri?

……………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………



Referensi

Kemdikbudristek, Buku Panduan Guru Seni Rupa untuk SMP/MTs Kelas VIII, (Rassjoyo dan Ahmad Mutohar 2021). Umpan Balik Nilai Paraf Guru


Umpan Balik

Nilai

Paraf  Guru







UNIT 4 UNJUK KERJA


Subunit 4.1. “Perencanaan Unjuk Kerja atau Pameran”

PROFIL PELAJAR PANCASILA

Pada akhir pembelajaran unit ini diharapkan siswa mampu mempraktikkan elemen mandiri dalam membuat dan mengatur jadwal dengan baik. Siswa juga diharapkan kreatif dalam memanfaatkan benda-benda yang ada untuk melaksanakan sebuah pameran. Selain itu, siswa juga mengembangkan elemen gotong royong, yaitu dengan bekerja sama dalam berkolaborasi dalam membuat sebuah pameran.


CAPAIAN PEMBELAJARAN DAN TUJUAN PEMBELAJARAN


CAPAIAN PEMBELAJARAN

TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik mampu mengembangkan pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan yang diperolehnya dalam mata pelajaran seni rupa atau mata pelajaran lain sebagai sumber gagasan dalam berkarya yang ditandai dengan kemampuan siswa dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan unjuk kerja atau pameran.


  1. Siswa dapat membuat perencanaan pameran dengan bekerja sama dan berkolaborasi dengan baik.


  1. Siswa dapat merencanakan pameran seni rupa dengan tema tertentu.

  2. Siswa dapat berkolaborasi dalam tim untuk mempersiapkan dan melaksanakan pameran seni rupa.



MATERI PEMBELAJARAN

Perencanaan unjuk kerja dapat dilakukan dengan mempertimbangkan  konsep atau tema apa yang ingin dibawa. Penentuan tema dapat dilakukan  bersama dengan siswa dan guru lainnya melalui kegiatan curah ide. Kolaborasi dengan beberapa pelajaran lain sebagai sarana untuk unjuk kerja hasil pembelajaran siswa juga dapat dilakukan. Dalam melakukan perencanaan pameran setelah mendapatkan ide untuk pameran kegiatan selanjutnya adalah eksekusi dan refleksi. 

Curah ide lebih ditentukan pada penentuan konsep pameran, seperti penentuan tema, dasar kegiatan, tujuan kegiatan, waktu dan tempat kegiatan pameran, peserta kegiatan, sasaran pengunjung, panitia pelaksanaan, publikasi, jadwal kegiatan maupun anggaran kegiatan. Hal-hal tersebut ditulis secara lengkap dan disusun dalam bentuk proposal kegiatan. 




KEGIATAN PEMBELAJARAN

4.1.1.AKTIVITAS INDIVIDU

Aktivitas 1

Berikut adalah berbagai cara memasang display karya pameran, pasangkan pernyataan yang tepat dengan menarik garis ke pernyataan disebelahnya !













Aktivitas 2

Deskripsikanlah tugas-tugas dari kepanitiaan pameran dibawah ini dengan tepat dan singkat !

No

Nama Kepanitiaan

Deskripsi Tugas

1

Ketua


2

Wakil Ketua


3

Sekretaris


4

Bendahara


5

Seksi Publikasi 


6

Seksi Dokumentasi


7

Seksi Dekorasi


8

Seksi Penyeleksi Karya


9

Seksi Perlengkapan


10

Seksi Penataan Karya


11

Seksi Penerima Tamu


12

Seksi Acara


4.1.2  AKTIVITAS KELOMPOK

Petunjuk : Buatlah kelompok 6 - 8 orang untuk menjawab aktivitas 1, 2 dan 3. kalian juga bisa berkolaborasi dengan teman 1 kelas dalam merencanakan kegiatan pameran.

Aktivitas 1


- Diskusikanlah dengan kelompokmu tentang perencanaan pameran seni rupa di sekolah dan pembuatan proposal pameran lalu tulislah isi proposal kedalam kolom berikut secara singkat dan jelas. Jika kepanitiaan dalam kelompokmu kurang, maka bisa menggunakan nama-nama anggota kelompok lain. 


Nama Kelompok :

Nama Anggota Kelompok: 





































Aktivitas 2

Silahkan isi anggaran rencana belanja pameran sesuai proposal pada aktivitas 1

Pendapatan

Pengeluaran

No.

Keterangan

Rupiah

No.

Keterangan

Rupiah

















































Jumlah


Jumlah


Aktivitas 3

Buatlah rencana jadwal kegiatan dan siapa yang bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

No

Kegiatan

Penanggung Jawab

Waktu

1

Menentukan tema



2

Menentukan judul pameran



3

Menentukan karya dan jumlah yang akan di di display



4

Mengumpulkan judul dan membuat deskripsi karya



5

Membuat undangan



6

Membuat poster promosi



7

Mempromosikan kegiatan



8

Membuat display hasil karya



9

Memasang karya



10

Membuat susunan acara



11

Menjadi pembawa acara



12

Mendampingi pengunjung melihat hasil karya dan membantu menjelaskan



13

Menerima tamu



14

Mendokumentasikan jalannya acara




4.1.3 UJI PEMAHAMAN

Isilah kotak pada teka-teki silang ini berdasarkan petunjuk yang sudah disediakan.










SOAL

MENURUN

1. Orang yang bertanggung jawab dengan administrasi 

2. Penataan ruang pameran

MENDATAR

3. Kegiatan mengevaluasi diri 

4. Rancangan kegiatan pameran dalam bentuk tulisan 

5. Tim yang melaksanakan suatu kegiatan 

6. Orang yang bertanggung jawab dalam suatu kegiatan 

7. Penataan karya pameran







 




Refleksi

Bagaimana perasaanmu dalam mempelajari materi ini ?


Apakah ada kesulitan yang kamu  alami dalam memahami materi ini?  Jika ada, kesulitan apa?


Manfaat apa yang kamu perolah dalam  materi ini?


Apakah kamu dapat menerapkan  pemahamanmu tentang materi ini  dalam kegiatan sehari-hari? Jelaskan  alasanmu


Saya terlibat aktif dalam kegiatan  pembelajaran ini

Sangat Setuju / Setuju / Tidak Setuju / Sangat  Tidak Setuju

Suasana pembelajaran membuat saya  bersemangat untuk belajar dan  mengetahui lebih banyak

Sangat Setuju / Setuju / Tidak Setuju / Sangat  Tidak Setuju

Saya merasa nyaman untuk  

mengungkapkan pendapat selama  kegiatan pembelajaran ini

Sangat Setuju / Setuju / Tidak Setuju / Sangat  Tidak Setuju

Diskusi dalam kelompok berjalan asyik 

Sangat Setuju / Setuju / Tidak Setuju / Sangat  Tidak Setuju


UMPAN BALIK

NILAI

PARAF GURU




Referensi 

- Fatimah, Irma Nurul & Fadia Alyani Kumala, 2022. Buku Panduan Guru Seni Rupa untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asasmen Pendidikan Pusat Perbukuan

- Sugiyanto & Setyobudi, 2023. Seni Rupa untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Erlangga


Sub Unit 4.2 “Pelaksanaan Pameran”

PROFIL PELAJAR PANCASILA

Pada akhir pembelajaran unit ini diharapkan siswa mampu mempraktikkan elemen mandiri dalam membuat dan mengatur jadwal dengan baik. Siswa juga diharapkan kreatif dalam memanfaatkan benda-benda yang ada untuk melaksanakan sebuah pameran. Selain itu, siswa juga mengembangkan elemen gotong royong, yaitu dengan bekerja sama dalam berkolaborasi dalam membuat sebuah pameran.


CAPAIAN PEMBELAJARAN DAN TUJUAN PEMBELAJARAN


CAPAIAN PEMBELAJARAN

TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik mampu mengembangkan pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan yang diperolehnya dalam mata pelajaran seni rupa atau mata pelajaran lain sebagai sumber gagasan dalam berkarya yang ditandai dengan kemampuan siswa dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan unjuk kerja atau pameran.


  1. Siswa dapat mengorganisir ruang pameran, termasuk penataan karya seni dan pengaturan acara pameran.

  2. Siswa dapat mengorganisir ruang pameran, termasuk penataan karya seni dan pengaturan acara pameran.

  3. Siswa dapat berkolaborasi dalam tim untuk mempersiapkan dan melaksanakan pameran seni rupa.

  4. Siswa dapat melakukan evaluasi setelah melaksanakan kegiatan pameran seni.



MATERI PEMBELAJARAN

Pelaksanaan pameran seni rupa merupakan momen penting untuk merayakan keberhasilan peserta didik. Pelaksanaan seni rupa dapat di sinergikan dengan momen perayaan hari besar tertentu atau perayaan internal sekolah. Misalnya pameran seni rupa dalam rangka Hari Pendidikan Nasional, hari ulang tahun sekolah, atau perpisahan peserta didik kelas IX. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan pameran seni rupa di sekolah.

  1. Pengecekan perencanaan pameran

  2. Pengecekan acara pameran

  3. Pengecekan tempat pameran

  4. Pengecekan panitia pameran

  5. Pelaksanaan pameran

Setelah melaksanakan pameran, kegiatan yang tidak kalah penting adalah evaluasi. Evaluasi kegiatan pameran dapat menjadi masukan untuk pelaksanaan kegiatan selanjutnya. Tujuan dilakukan evaluasi pameran yaitu untuk mengetahui beragam hambatan yang dihadapi pada setiap seksi, cara mendapatkan solusi atas berbagai permasalahan yang muncul, dan mengetahui kondisi keuangan pada kegiatan tersebut. Data-data yang bisa digunakan sebagai bahan evaluasi dan juga dalam pembuatan laporan diantaranya buku tamu, umpan balik dari pengunjung maupun perasaan pengunjung.

KEGIATAN PEMBELAJARAN

4.2.1.AKTIVITAS INDIVIDU

Aktivitas 1

Tentukan pernyataan berikut Benar atau Salah dengan memberi tanda centang (√) pada kolom yang tersedia.

No

Pernyataan

Benar

Salah

1

Meja digunakan untuk meletakkan buku tamu serta buku kesan pesan. 



2

Kursi digunakan untuk melihat detail karya yang dipajang lebih tinggi.



3

Pengeras suara digunakan sepanjang acara berlangsung.



4

Papan panil digunakan sebagai tempat untuk meletakkan karya seni rupa dua dimensi, seperti hasil lukisan, gambar atau foto, kerajinan dinding, dan lain sebagainya.



5

Sketsel digunakan untuk meletakkan karya seni rupa tiga dimensi.



6

Lampu digunakan hanya untuk menerangi ruangan saja.



7

Patung, keramik, atau kerajinan kayu lainnya diletakkan di papan panil.



8

Salah satu kelengkkapan pameran yang digunakan untuk meletakkan karya tiga dimensi disebut sketsel.



9

Kelengkapan pameran seni rupa tidak begitu penting.



10

Katalog berisikan informasi penting terkait  seni rupa yang dipamerkan dan informasi pembuat karya seninya.



Aktivitas 2

Temukan kata-kata dibawah ini :














4.2.2 AKTIVITAS KELOMPOK

Aktivitas 1

Buatlah laporan kegiatan pameran yang sudah dilakukan dalam bentuk video dan tulislah link video tersebut didalam kolom yang sudah di sediakan.


Link Video

Aktivitas 2

-Setelah kalian melaksanakan pameran di sekolah sesuai dengan proposal yang diajukan pada tahap perencanaan, saatnya melakukan kegiatan evaluasi pameran bersama panitia pameran yang sudah di tentukan. 

- isilah kolom yang sudah disediakan yang berkaitan dengan proses evaluasi bersama kelompok atau bersama semua tim panitia dan tulislah hasilnya pada LKPD masing-masing.

No.

Pembahasan Pameran

Apa yang dibahas ?

Catatan Penting

1

Sistem Kerja





2

Pembiayaan





3

Personalia Kepanitiaan





4

Bentuk Pameran




5

Pelaksanaan Pameran





6

Laporan Setiap Seksi





4.2.3 UJI PEMAHAMAN

Petunjuk Pengerjaan !

- Bacalah soal dengan cermat dan teliti.

- Berilah tanda (X) pada jawaban A, B, C dan D yang menurutmu paling benar 


Soal :


  1. Hal yang perlu diperhatikan dalam memastikan pelaksanaan pameran tidak membosankan dan dapat menghibur pengunjung pameran adalah…

  1. Tampilan katalog karya seni

  2. Pembagian tugas panitia yang merata

  3. Penyusunan acara yang interaktif

  4. Pengeluaran kegiatan yang detail

  1. Segala hal yang berkaitan dengan pelaksanaan pameran dan masukan yang diberikan agar kegiatan berikutnya dapat berjalan lebih baik lagi dapat ditemukan pada …

  1. Laporan pelaksanaan pameran

  2. Katalog karya seni dalam pameran

  3. Keanggotaan panitia pameran

  4. Pengeluaran pelaksanaan pameran

  1. Dalam sebuah spanduk pameran karya seni, informasi yang tidak termuat didalamnya adalah… 

  1. Lokasi pelaksanaan pameran

  2. Kegiatan dan tema pameran

  3. Waktu pelaksanaan pameran 

  4. Daftar nama panitia pameran

  1. Hal yang perlu dilakukan dalam kepanitiaan sebuah pameran agar seluruh komponen kepanitiaan bekerja optimal adalah… 

  1. Pengecekan tempat pameran

  2. Pengecekan acara pameran

  3. Pengecekan kepanitiaan pameran

  4. Pelaksanaan kegiatan pameran

  1. Kegiatan yang menjadi tolak ukur dalam menilai keberhasilan kegiatan yang telah dilaksanakan adalah…

  1. Apresiasi

  2. Ekspresi 

  3. Evaluasi

  4. Kreasi














Refleksi 

  1. Isilah kolom berikut dengan jujur. 

  2. Berilah tanda centang (√) pada kolom yang sesuai.

Ya : apabila pernyataan sesuai dengan pemahamanmu

Tidak : apabila pernyataan belum sesuai dengan pemahamanmu

  1. Hitunglah jumlah jawaban yang kamu pilih, kemudian lingkari pada kriteria baik, cukup, atau perlu perbaikan. 


No

Pernyataan

Ya

Tidak

1

Saya berperan aktif dalam pelaksanaan pameran.



2

Saya menjalankan tugas saya dengan penuh tanggung jawab sebagai panitia pameran.



3

Saya dapat menerima masukan dari guru maupun teman sejawat dalam melaksanakan kegiatan pameran.



4

Saya dapat menyusun laporan pelaksanaan pameran.



5

Saya mampu mengevaluasi diri sendiri maupun kegiatan pameran.




Baik

Cukup

Perlu Perbaikan

Jika > 4 pernyataan yang terisi “Ya”

Jika > 3 pernyataan yang terisi “Ya”

Jika < 3 pernyataan yang terisi “Ya”


Referensi 

- Fatimah, Irma Nurul & Fadia Alyani Kumala, 2022. Buku Panduan Guru Seni Rupa untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asasmen Pendidikan Pusat Perbukuan

- Sugiyanto & Setyobudi, 2023. Seni Rupa untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Erlangga


UMPAN BALIK

NILAI

PARAF GURU







Tidak ada komentar:

Posting Komentar