Senin, 01 Desember 2025

Latihan soal untuk asesmen seni rupa kelas 8 2025

 PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1. Pengertian Perspektif yang tepat dalam konteks menggambar adalah sistem gambar proyeksi yang menggunakan...

A. Garis-garis yang memotong bidang mata dan bidang gambar. 

B. Garis-garis proyeksi yang memusat pada satu titik. 

C. Skala perbandingan ukuran besarnya gambar dengan keadaan sebenarnya. 

D. Garis lengkung yang menunjukkan jarak terjauh dari pandangan mata.

2. Dalam menggambar perspektif, Titik hilang atau titik lenyap adalah...

A. Titik fokus di tengah gambar yang memiliki warna paling gelap. 

B. Titik terjauh dari pandangan mata. 

C. Titik pertemuan antara garis horizon dan bidang mata. 

D. Titik awal dimulainya pembuatan garis bantu.

3. Saat kita memotret pemandangan dari atas gedung pencakar langit, garis horizon (cakrawala) akan terlihat sangat tinggi, dan sebagian besar objek akan tampak di bawah garis tersebut. Hukum perspektif yang menjelaskan gejala ini adalah...

A. Objek yang jauh harus digambar dengan detail. 

B. Tinggi Garis Horizon (GH) selalu sejajar dengan ketinggian mata pengamat. 

C. Perspektif dua titik hilang lebih mudah daripada satu titik hilang. 

D. Garis tegak lurus pada objek akan selalu miring ke kiri.

4. Pada sketsa perspektif satu titik hilang sebuah koridor, garis-garis tepi lantai, tepi plafon, dan tepi pintu terlihat sejajar satu sama lain dan tidak bertemu di Titik Hilang. Penilaian ketepatan gambar tersebut adalah...

A. Tepat, karena garis-garis tersebut seharusnya sejajar dengan Titik Hilang. 

B. Tidak tepat, karena garis-garis yang menunjukkan kedalaman (menjauhi pengamat) seharusnya bertemu di Titik Hilang. 

C. Tepat, karena hanya garis vertikal yang boleh bertemu di Titik Hilang. 

D. Tidak tepat, karena koridor harus digambar melengkung.

5. Sketsa perspektif sebuah kota menunjukkan gedung-gedung tinggi. Semua garis vertikal pada sisi gedung digambar tegak lurus dan sejajar dengan tepi kertas. Penilaian ketepatan gambar tersebut adalah...

A. Tidak tepat, karena garis vertikal harus bertemu di Titik Hilang. 

B. Tidak tepat, karena semua garis harus miring ke kiri. 

C. Tepat, karena dalam perspektif (umumnya satu titik hilang), garis vertikal tidak terpengaruh dan tetap sejajar. 

D. Tepat, jika bangunan tersebut berbentuk lingkaran.

6. Seorang murid menggambar pemandangan ruang kelasnya sambil berdiri normal di tengah ruangan. Garis pandang matanya sejajar dengan lantai dan atap di kejauhan. Di manakah posisi Garis Horizon (GH) yang paling tepat?

A. Tepat di tengah bidang gambar, sejajar dengan ketinggian mata pengamat. 

B. Di bagian bawah bidang gambar, dekat dengan alas objek. 

C. Di bagian atas bidang gambar, jauh di atas objek. 

D. Di luar bidang gambar, tidak terpengaruh oleh posisi mata.

7. Sebuah sketsa perspektif satu titik hilang (paralel) dari sebuah jalan raya lurus. Di manakah posisi Titik Hilang (TH) yang paling tepat harus diletakkan?

A. Di luar garis horizon. 

B. Tepat pada Garis Horizon (GH). 

C. Di bawah semua objek yang digambar. 

D. Di atas objek tertinggi pada gambar.

8. Sebuah balok digambar menggunakan perspektif dua titik hilang. Kedua Titik Hilang (TH1 dan TH2) diletakkan di luar Garis Horizon (GH); TH1 di atas GH dan TH2 di bawah GH. Penilaian ketepatan gambar tersebut adalah...

A. Tepat, karena perspektif dua titik hilang membutuhkan TH di posisi berbeda. 

B. Tidak tepat, karena kedua Titik Hilang harus selalu diletakkan tepat pada Garis Horizon. 

C. Tepat, hanya jika balok digambar di atas GH. 

D. Tidak tepat, karena TH1 dan TH2 harus diletakkan di tengah gambar.

9. Seorang arsitek membuat gambar rumah di kertas A4. Di sudut gambar tertulis skala 1:100 Pengertian ukuran skala dalam kegiatan menggambar adalah...

A. Perbandingan antara panjang dan lebar gambar.

B. Perbandingan antara ukuran objek di gambar dengan ukuran objek yang sebenarnya.

C. Perbandingan antara warna yang digunakan di gambar.

D. Perbandingan antara garis lurus dan garis lengkung.

10. Gambar asli memiliki ukuran grid  2 x 2 . Murid ingin memperbesar gambar tersebut menjadi 2 kali lipat dari ukuran aslinya. Berapakah ukuran grid yang harus digunakan pada kertas gambar yang baru?

A. 1 x 1 

B. 2 x 2 

C. 4 x 4 

D. 6 x 6 

11. Peta asli memiliki 10 kolom dan 10 baris. Ukuran setiap kotak grid asli adalah 1,5 cm x 1,5 cm. Peta akan diperbesar dengan skala 3:1 Tentukan jumlah kolom, baris, dan ukuran grid yang baru:

A. 30 kolom, 30 baris, 4,5 cm  x  4,5 

B. 10 kolom, 10 baris, 3 cm x 3 cm

C. 10 kolom, 10 baris, 4,5 cm x 4,5  cm

D. 10 kolom, 10 baris, 1,5 cm x 1,5 cm

12. Menggambar ilustrasi adalah kegiatan yang sering digunakan untuk melengkapi tulisan, cerita, atau buku. Gambar ini tidak hanya berfungsi sebagai hiasan, tetapi juga memiliki peran penting dalam menyampaikan pesan. Pengertian menggambar ilustrasi yang paling tepat adalah...

A. Kegiatan menggambar objek alam benda dengan pensil dan penghapus.

B. Kegiatan menggambar untuk memperjelas dan memperindah teks atau cerita.

C. Kegiatan menggambar suasana yang difokuskan pada kedalaman ruang.

D. Kegiatan menggambar tanpa menggunakan garis bantu atau grid.

13. Sebuah cerita bergambar yang menceritakan tentang bahaya merokok. Teksnya memberikan informasi, sedangkan gambarnya memperlihatkan dampak buruk merokok pada kesehatan paru-paru. Berdasarkan teks tersebut, fungsi utama menggambar ilustrasi adalah untuk...

A. Memperjelas dan menghidupkan isi cerita atau pesan yang disampaikan oleh teks.

B. Menentukan garis horizon dan titik hilang dalam gambar.

C. Mengubah skala gambar menjadi lebih besar.

D. Membuat garis proyeksi pada gambar.

14. Gambar ilustrasi yang baik harus informatif, artinya pembaca dapat langsung memahami makna atau isi pesan yang ingin disampaikan oleh penulis melalui gambar tersebut. Sifat informatif ilustrasi menunjukkan bahwa ilustrasi berfungsi sebagai...

A. Alat untuk latihan anatomi.

B. Alat komunikasi visual yang menjelaskan dan menerangkan (menerjemahkan) suatu ide atau narasi.

C. Penentu komposisi warna primer.

D. Pengukur jarak pandang mata.

15. Sebuah gambar ilustrasi dibuat dengan tujuan menyindir dan melebih-lebihkan ciri-ciri wajah atau sifat seorang tokoh agar terlihat lucu atau aneh, namun pesan kritiknya tetap tersampaikan. Jenis gambar ilustrasi ini adalah...

A. Ilustrasi Representatif 

B. Ilustrasi Dekoratif 

C. Ilustrasi Karikatural 

D. Ilustrasi Perspektif

16. Gambar ilustrasi yang berfungsi untuk merepresentasikan objek secara visual sesuai dengan keadaan sebenarnya. Gambar ini sering ditemukan dalam buku pelajaran, misalnya untuk menjelaskan anatomi tubuh atau sketsa tumbuhan. Jenis gambar ilustrasi ini dikenal sebagai...

A. Ilustrasi Dekoratif 

B. Ilustrasi Simbolis 

C. Ilustrasi Representatif (Realistis) 

D. Ilustrasi Non-representatif

17. Gambar ilustrasi yang memiliki fungsi utama untuk memperindah penyajian teks atau membuat tampilan halaman lebih menarik. Gambar ini dibuat dengan corak yang mengubah bentuk asli objek tanpa meninggalkan ciri khasnya, namun tidak dimaksudkan untuk menyindir. Jenis gambar ilustrasi ini adalah...

A. Ilustrasi Karikatural 

B. Ilustrasi Dekoratif 

C. Ilustrasi Realistis 

D. Ilustrasi Perspektif

18. Melukis suasana adalah kegiatan menuangkan gagasan dan pengalaman dalam karya seni rupa yang berfokus pada aspek representasi suasana (atmosfer) dari sebuah adegan atau peristiwa, bukan hanya objeknya saja. Pengertian melukis suasana yang paling tepat adalah...

A. Kegiatan melukis hanya dengan menggunakan warna-warna primer.

B. Kegiatan melukis yang berfokus pada penentuan Titik Hilang dan Garis Horizon.

C. Kegiatan melukis yang bertujuan merepresentasikan suasana (atmosfer, perasaan, atau kondisi) suatu peristiwa atau tempat.

D. Kegiatan melukis yang selalu menggunakan grid untuk menentukan skala.

19. Dalam melukis suasana, seorang pelukis tidak hanya memindahkan objek secara mentah, tetapi juga harus peka terhadap pencahayaan, warna, dan komposisi untuk menimbulkan kesan mendalam. Aspek utama yang harus diutamakan dalam melukis suasana adalah...

A. Kebenaran anatomis tubuh manusia.

B. Kesan suasana atau perasaan yang dialami (emosi dan atmosfer) di tempat tersebut.

C. Perhitungan skala $1:100$.

D. Penggunaan cat air saja.

20. Seorang pelukis menggunakan warna biru tua, hitam, dan sedikit cahaya remang-remang untuk melukis suasana di sebuah gang sempit pada tengah malam. Tujuan pelukis dalam melukis suasana dengan pemilihan warna tersebut adalah...

A. Membuat gambar terlihat datar.

B. Memperjelas letak Garis Horizon.

C. Membangun kesan atau suasana tertentu, seperti mencekam, sunyi, atau misterius.

D. Menentukan skala pengecilan gambar.

21. Melukis alam benda hanya memfokuskan pada bentuk, tekstur, dan warna benda mati yang diam. Sedangkan melukis suasana berupaya menangkap kondisi lingkungan dan perasaan saat adegan itu terjadi. Perbedaan kunci melukis suasana dengan melukis alam benda adalah fokus pada...

A. Penggambaran nuansa emosional dan atmosfer, bukan hanya bentuk objek.

B. Penggunaan teknik perspektif dua titik hilang.

C. Keharusan menggunakan background yang kosong.

D. Penggunaan pensil arang saja.

22. Disajikan Deskripsi Lukisan: Sebuah lukisan pemandangan pantai yang didominasi warna jingga, merah, dan ungu gelap. Objek-objek seperti perahu dan manusia terlihat sebagai siluet hitam karena berada di antara pengamat dan sumber cahaya. Suasana dan waktu yang direpresentasikan dalam lukisan tersebut adalah...

A. Suasana pagi hari yang cerah. 

B. Suasana siang hari yang panas. 

C. Suasana senja (matahari terbenam) yang dramatis. 

D. Suasana malam hari yang sunyi.

23. Lukisan sawah yang memperlihatkan banyak orang berjejer sedang memotong padi dengan sabit. Warna-warna yang mendominasi adalah kuning keemasan pada padi dan cokelat tanah, serta wajah-wajah orang yang terlihat gembira dan berkeringat. Peristiwa yang direpresentasikan dalam lukisan tersebut adalah...

A. Persiapan menanam bibit. 

B. Musim panen raya yang meriah. 

C. Peristiwa banjir bandang. 

D. Perayaan tahun baru di kota.

24. Seorang pelukis ingin melukis suasana "sore hari di tepi danau". Ia memiliki empat langkah awal:

1. Menentukan alat dan bahan yang akan digunakan.

2. Mencari ide dan menentukan mood (suasana) lukisan.

3. Membuat sketsa global objek-objek utama.

4. Menentukan Garis Horizon (GH) dan komposisi.

Urutan 3 langkah awal yang paling tepat dalam melukis suasana adalah...

A. 3 - 4 - 1

B. 1 - 2 - 3

C. 2 - 4 - 3

D. 4 - 3 - 2

25. Sebuah poster menampilkan ilustrasi sederhana dan teks yang berisi informasi detail tentang tanggal, waktu, dan lokasi acara seminar seni rupa. Fungsi utama desain poster tersebut adalah...

A. Menciptakan ilusi kedalaman ruang. 

B. Menyampaikan informasi detail suatu kegiatan secara jelas dan menarik. 

C. Mengukur perbandingan skala objek. 

D. Sebagai hiasan dinding belaka.

26. Seorang desainer grafis bekerja membuat poster. Kegiatan desain melibatkan perencanaan dan perancangan awal. Karya poster disebut sebagai karya desain ketika...

A. Sudah diwarnai dengan cat minyak.

B. Ukurannya sudah diperbesar 4 kali lipat.

C. Hasil akhir tersebut merupakan solusi visual dari pemecahan masalah (pesan) yang dirancang secara terencana.

D. Sudah menggunakan teknik grid di atasnya.

27. Desain poster menampilkan gambar ilustrasi tumpukan sampah di sungai dengan dominasi warna cokelat dan hijau kusam. Ada ilustrasi seorang pria yang membuang sampah. Bahasa pesan yang paling tepat untuk disampaikan melalui poster ini adalah...

A. "Sampah adalah sumber inspirasi."

B. "STOP Buang Sampah Sembarangan! Jaga Sungai Kita Bersama!"

C. "Kontras warna hijau dan cokelat menciptakan suasana sedih."

D. "Sungai ini adalah tempat yang bagus untuk melukis suasana."

28. Poster ajakan menanam pohon didominasi warna hijau cerah dan biru langit. Ilustrasi pohonnya terlihat rimbun dan sehat. Namun, teksnya dicetak dengan huruf merah menyala.

Analisis ketepatan warna pada poster tersebut adalah...

A. Penggunaan warna merah pada teks memperkuat kesan alam.

B. Dominasi hijau dan biru sudah tepat untuk tema alam, tetapi warna merah pada teks kurang harmonis dan dapat mengurangi kesan damai.

C. Warna hijau dan biru terlalu gelap untuk tema tersebut.

D. Warna-warna tersebut melanggar aturan perspektif.

29. Disajikan Deskripsi Poster:

Poster A: Latar belakang (BG) putih polos. Teks pesan utama "Awas Bahaya!" dicetak dengan huruf hitam tebal dan besar. Gambar ilustrasi tunggal, sederhana, dan relevan.

Poster B: Latar belakang (BG) foto keramaian pasar dengan banyak warna. Teks pesan utama "Awas Bahaya!" dicetak dengan huruf kuning tipis dan kecil. Manakah poster yang paling efektif dalam menyampaikan pesan peringatan cepat?

A. Poster B, karena lebih ramai. 

B. Poster A, karena kontras warna BG putih dan teks hitam menjamin keterbacaan yang maksimal dan cepat. 

C. Keduanya sama efektif. 

D. Poster B, karena menggunakan huruf kuning.

30. Motif ini berupa susunan garis diagonal yang menyerupai ombak atau huruf 'S' yang saling berulang dan tidak terputus. Secara filosofis, motif ini dikaitkan dengan perjuangan, kekuatan, dan pantang menyerah. Motif ini sangat populer sebagai batik keraton. Asal daerah utama dari ragam hias ini (contoh: Batik Parang Rusak) adalah...

A. Bali 

B. Papua 

C. Jawa Tengah (Yogyakarta/Solo) 

D. Sumatra Utara

31. Ragam hias dari daerah pesisir pantai atau kepulauan (misalnya Bali atau Sulawesi) sering menggunakan motif ikan, karang, ombak, atau burung laut. Sementara ragam hias dari daerah pegunungan cenderung menggunakan motif flora hutan, burung enggang, atau motif geometris gunung. Hal yang paling utama mempengaruhi pemilihan bentuk ornamen ragam hias dalam pernyataan di atas adalah...

A. Kebutuhan komersial daerah. 

B. Faktor politik dan pemerintahan. 

C. Kondisi geografis dan lingkungan alam sekitar. 

D. Perkembangan teknologi modern.

32. Sebuah motif pada ukiran kayu menunjukkan kumpulan bunga, daun, kuncup, dan sulur-sulur tanaman yang saling melilit dan mengisi bidang secara harmonis. Motif ini sering digayakan secara indah dan simetris, tetapi tidak bertujuan untuk terlihat realistis. Jenis ragam hias berdasarkan bentuk motifnya adalah...

A. Figuratif 

B. Geometris 

C. Flora (Tumbuhan) 

D. Fauna (Hewan)

33. Pola ragam hias pada sehelai kain batik menunjukkan motif bunga dan daun yang tersusun sejajar dan berderet rapi dari ujung kiri ke ujung kanan kain, tanpa ada pergeseran ke atas atau ke bawah. Bentuk pola pengulangan yang paling tepat untuk desain ini adalah...

A. Pola Radial 

B. Pola Simetris 

C. Pola Garis (Linear) 

D. Pola Berdiri Sendiri (Single)

34. Motif bunga teratai dan daun pada ukiran kayu tampak menyebar dan berputar dari satu titik pusat di tengah panel. Semakin jauh dari pusat, motifnya semakin besar dan memenuhi bidang. Bentuk pola pengulangan yang paling tepat untuk desain ini adalah...

A. Pola Sisik (Batu) 

B. Pola Pilin 

C. Pola Sentral/Radial 

D. Pola Zig-zag

35. Sebuah desain hiasan dinding menunjukkan motif figur manusia yang berdiri. Jika ditarik garis lurus di tengah bidang, sisi kiri dan sisi kanan memiliki motif yang identik dan berhadapan seperti cerminan. Bentuk pola pengulangan yang paling tepat untuk desain ini adalah...

A. Pola Pilin 

B. Pola Diagonal 

C. Pola Simetris 

D. Pola Tunggal

36. Disajikan Pernyataan: Dalam dunia desain grafis dan produk, mock-up adalah model atau representasi skala penuh dari sebuah desain produk akhir. Model ini sering digunakan untuk memvisualisasikan bagaimana desain akan terlihat dan berfungsi sebelum masuk ke produksi massal. Pengertian mock-up yang paling tepat sebagai karya awal produksi adalah...

A. Dokumen berisi daftar harga material. 

B. Model skala penuh atau tiruan visual dari sebuah produk atau desain untuk tujuan presentasi dan pengujian. 

C. Gambar sketsa yang dibuat menggunakan pensil di kertas biasa. 

D. Hasil akhir produk yang sudah dipasarkan.

37. Sebuah agensi pemasaran menggunakan mock-up digital dari iklan billboard baru yang menampilkan produk klien. Mock-up ini menunjukkan iklan tersebut terpasang di lokasi strategis kota, lengkap dengan pencahayaan dan latar belakang nyata. Fungsi utama mock-up dalam presentasi ini adalah...

A. Menghitung biaya cetak billboard. 

B. Menguji daya tahan bahan billboard. 

C. Menghadirkan visualisasi yang sangat realistis tentang bagaimana desain akan terlihat di lingkungan nyata sebelum produksi massal. 

D. Mencatat nomor telepon penting.

38. Sebuah kemasan produk memiliki bentuk kotak persegi panjang dengan tutup lipatan di bagian atas dan bawah. Kemasan ini ringan, mudah didaur ulang, dan permukaannya dilapisi cetakan gambar dan tulisan. Produk di dalamnya (sereal) biasanya dibungkus lagi dengan plastik. Bahan utama yang paling mungkin digunakan untuk membuat kemasan ini adalah...

A. Plastik Bening (PVC) 

B. Aluminium Foil 

C. Kertas Karton (Kardus Lipat) 

D. Kaca

39. Kemasan produk berbentuk Kubus (semua sisi persegi sama besar). Jaring-jaringnya harus terdiri dari enam sisi persegi yang terhubung, dengan satu sisi berfungsi sebagai alas dan sisi-sisi lain sebagai penutup dan dinding. Manakah urutan susunan persegi yang paling mungkin menjadi jaring-jaring kubus?

A. Satu baris 6 persegi lurus. 

B. Empat persegi dalam satu baris, dengan satu persegi di atas dan satu persegi di bawah baris tersebut. 

C. Tiga persegi dalam satu baris, dengan tiga persegi di atasnya. 

D. Enam persegi yang semuanya saling menempel di sudut.

40. Dalam proses desain mock-up kemasan, langkah pertama adalah memilih kerangka kemasan. Salah satu material kemasan produk yang paling umum digunakan dan berbentuk kotak atau kubus adalah...

A. Plastik Kaku 

B. Logam Alumunium 

C. Karton 

D. Kaca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar