Senin, 18 Agustus 2025

LKPD KELAS 8 SENI RUPA BAB 1

 AKTIVITAS PESERTA DIDIK

  1. Aktivitas Individu

Aktivitas 1

Beri tanda centang (√) pada kolom Benar apabila pernyataannya Benar dan centang (√)  pada kolom Salah apabila pernyataannya Salah!

No

Pernyataan

Benar

Salah


Gambar perspektif satu titik hilang adalah gambar objek atau ruang tiga dimensi yang menitik beratkan pada satu titik sudut pandang penggambar dan dibangun dengan tiga unsur, yaitu panjang, lebar, dan kedalaman atau volume.




Secara etimologi, perspektif berasal dari bahasa italia, prospettiva, yang memiliki arti ‘ sudut pandang’.




Warna benda yang terletak makin jauh dari pandangan akan semakin cerah atau terang




Prespektif garis adalah garis datar yang mempertemukan dua perspektif titik objek pada garis proyeksi.




Garis yang tegak lurus dengan garis horizon tetap digambar tegak lurus.




Garis Horizon atau garis batas adalah penghabisan pandangan dari semua bidang horizontal. 




Garis yang sejajar dengan garis horizon harus digambar tegak lurus.




Garis proyeksi adalah garis yang digunakan untuk mempermudah dalam pengerjaan gambar perspektif, yang disebut juga dengan garis bantu.




Benda besar akan semakin besar jika terletak pada jarak pandang yang makin jauh.




Garis yang menuju ke arah garis horizon akan bertemu pada satu titik hilang atau titik sentaral.




Aktifitas 2

Pasangkan pernyataan berikut ini dengan pilihan pengambaran yang tepat!




a.




b.




c.




d.




e.

1.1.2 Aktifitas Kelompok

  1. Bentuklah kelompok setiap kelompok terdiri dari 5-6 orang!

  2. Carilah objek-objek yang ada di kelasmu, di rumah, atau bangunan-bangunan dan lokasi yang ada di lingkungan sekitarmu!

  3. Amatilah ojek tersebut dari sudut pandang satu titik hilang!

  4. Buatlah gambar perspektif bangun dengan satu titik hilang objek yang kalian pilih pada kertas gambar!

  5. Tulislah penjelasan langkah-langkah yang kalian lakukan dalam membuat gambar prespektif satu titik hilang dalam sebuah tabel laporan masing-masing.

  6. Presentasikan bagaimana proses menggambar prespektif bangun dan cara membuat bagian-bagian detail objek di depan kelas.


No.

Langkah

Metode penerapan

1

Menentukan posisi dan membuat garis horizontal pada media gambar

Menarik garis horizontal dari kanan ke kiri pada kertas gambar dari ujung ke ujung dengan penggaris.

2



3

























1.1.3 Uji Pemahaman

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan benar!

  1. Apa yang dimaksud dengan gambar perspektif dengan satu titik hilang?

Jawaban:........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

  1. Apa yang dimaksud dengan perspektif garis?

Jawaban:..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

  1. Jelaskan garis horizon dalam menggambar perspektif?

Jawaban:....................................................................................................................................................................................................................................................................

  1. Mengapa dalam hukum perspektif, objek yang berada di kejauhan akan terlihat makin mengecil dan menghilang?

Jawaban:..........................................................................................................................

  1. Sebutkan hukum perspektif dalam menggambar perspektif?

Jawaban:.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


Refleksi 

Jawablah dengan jujur pertanyaan berikut ini, berilah tanda centang (√) pada salah satu kolom jawaban sesuai dengan level tingkat kemampuan yang dimiliki!

No

Pertanyaan

1

2

3

4

5


Seberapa mampu kamu memahami pengertian menggambar perspektif satu titik hilang!







Seberapa mampu kamu menjelaskan hukum perspektif!







Seberapa mampu kamu menentukan dan menggambar garis horizon beserta satu titik hilang!







Seberapa mampu kamu menggambar perspektif bangun dengan satu titik hilang!







Referensi

Kemdikbudristek, Buku Panduan Guru Seni Rupa untuk SMP/MTs Kelas VIII, (Rassjoyo dan Ahmad Mutohar 2021).

Umpan Balik

Nilai

Paraf Guru














AKTIVITAS PESERTA DIDIK

1.2.1 Aktivitas Individu

Aktivitas 1

Perhatikan ketiga gambar berikut ini untuk menjawab pernyataan!

Sumber: https://id.pinterest.com/

Sumber: https://id.pinterest.com/


Sumber: https://id.pinterest.com/

Gambar A

Gambar B

Gambar C

Tulislah satu pilihan berikut; gamabar A, gambar B, atau gambar C pada kolom jawaban pilihan gambar!

No

Pernyataan

Jawaban pilihan gambar


Sudut pandang mata terhadap objek gambar berada di bawah garis horizon.



Sudut pandang mata terhadap objek berada di atas garis horizon.



Sudut pandang mata terhadap objek berada sejajar di ketinggian sekitar garis horizon.



Orang yang mengamati seakan melihat objek berada di atas, mengamati seperti seekor katak yang berada di bawah.



Orang yang mengamati objek seperti burung yang berada di atas objek.



Objek berada pada posisi sama tinggi dengan orang yang mengamati.



Aktivitas  2

Pasangkan pernyataan berikut ini dengan pilihan pengambaran yang tepat!




a.




b.





c.




d.





e.

1.2.2 Aktifitas Kelompok

  1. Bentuklah kelompok setiap kelompok terdiri dari 5-6 orang!

  2. Carilah objek-objek yang ada di kelasmu, di rumah, atau bangunan-bangunan dan lokasi yang ada di lingkungan sekitarmu!

  3. Amatilah ojek tersebut dari sudut pandang prespektif dua titik hilang! pilihlah salah satu diantara sudut pandang mata burung, normal atau katak!

  4. Buatlah gambar perspektif bangun dengan dua titik hilang objek yang kalian pilih pada kertas gambar!

  5. Tulislah penjelasan langkah-langkah yang kalian lakukan dalam membuat gambar prespektif dua titik hilang dalam sebuah tabel laporan masing-masing.

  6. Presentasikan bagaimana proses menggambar prespektif bangun dan cara membuat bagian-bagian detail objek di depan kelas.

No.

Langkah

Metode penerapan

1

Menentukan posisi dan membuat garis horizontal dengan dua titik hilang pada media gambar

Menarik garis horizontal dari kanan ke kiri pada kertas gambar dari ujung ke ujung dengan penggaris dan memberi tanda titik di kedua ujungnya masing-masing.

2



3






























1.2.3 Uji Pemahaman

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan benar!


  1. Apa yang dimaksud dengan perspektif dengan dua titik hilang?

Jawaban:........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

  1. Sebutkan jenis sudut pandang dalam menggambar perspektif?

Jawaban:..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

  1. Apa yang dimaksud dengan perspektif mata katak?

Jawaban:....................................................................................................................................................................................................................................................................

  1. Sebutkan kaidah dasar dalam menggambar perspektif dengan dua titik hilang?

Jawaban:.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

  1. Bagaimana cara membuat perspektif bidang dengan dua titik hilang?

Jawaban:.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


Refleksi

Jawablah dengan jujur pertanyaan berikut ini, berilah tanda centang (√) pada salah satu kolom jawaban sesuai dengan level tingkat kemampuan yang dimiliki!

No

Pertanyaan

1

2

3

4

5

1.

Seberapa mampu kamu memahami pengertian menggambar perspektif dengan dua titik hilang!






2.

Seberapa mampu kamu menjelaskan jenis-jenis sudut pandang mata dalam menggambar perspektif!






3.

Seberapa mampu kamu menentukan dan menggambar garis horizon beserta dua titik hilang!






4.

Seberapa mampu kamu menggambar perspektif bangun dengan dua titik hilang.






Referensi

Kemdikbudristek, Buku Panduan Guru Seni Rupa untuk SMP/MTs Kelas VIII, (Rassjoyo dan Ahmad Mutohar 2021).

Umpan Balik

Nilai

Paraf Guru





AKTIVITAS PESERTA DIDIK

1.3.1 Aktivitas Individu

Aktivitas 1

Hitunglah hasil skala dan grid dalam kegiatan perbesaran/perkecilan gambar dari pertanyaan berikut!

No

Pertanyaan

Jawaban 


Peta dengan skala 1 : 300.000, akan diperbesar 2x, maka skala hasil perbesaran berukuran?



Peta dengan skala 1 : 250.000, akan diperkecil 2x, maka skala hasil perkecilan berukuran?



Foto dengan jejaring bujur sangkar (grid) berukuran 1,5 cm x 1,5 cm akan diperbesar 2x, maka grid hasil perbesaran berukuran?



Foto dengan jejaring bujur sangkar (grid)  berukuran 4 cm x 4 cm akan diperkecil 2x, maka grid hasil perkecilan berukuran?



Peta dengan skala 1 : 600.000, akan diperbesar 3x, maka skala hasil perbesaran berukuran?



Foto dengan jejaring bujur sangkar (grid) berukuran 2 cm x 2 cm akan diperbesar 5x, maka grid hasil perbesaran berukuran?



Peta dengan skala 1 : 150.000 akan diperkecil 3x, maka skala hasil perkecilan berukuran?



Foto dengan jejaring bujur sangkar (grid) berukuran 6 cm x 6 cm akan diperkecil 3x, maka grid hasil perkecilan berukuran?



Peta dengan skala 1 : 500.000 akan diperbesar 5x, maka skala hasil perbesaran berukuran?



Foto dengan jejaring bujur sangkar (grid) berukuran 3 cm x 3 cm akan diperbesar 3x, maka grid hasil perbesaran berukuran?


Aktivitas 2

Gambarlah pembesaran foto berikut ini dengan bantuan grid yang sudah tersedia!

Sumber: https://gambarrealispensil.blogspot.com/

1.3.2 Uji Pemahaman

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan benar.

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan skala dalam kegiatan memperbesar atau memperkecil gambar?

Jawaban:...........................................................................................................................................................................................................................................................

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan grid dalam kegiatan memperbesar atau memperkecil gambar?

Jawaban:...........................................................................................................................................................................................................................................................

  1. Pada sebuah peta terdapat tulisan “Skala 1 : 200.000”. Jelaskan apa yang dimaksud dengan “1 : 200.000” pada peta tersebut?

Jawaban:...........................................................................................................................................................................................................................................................

  1. Jelaskan bagaimana langkah atau cara kerja perbesaran gambar menggunakan jejaring bujur sangkar (grid)?

Jawaban:................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

  1. Jika suatu gambar asli dengan grid berukuran 15 cm x 15 cm dibesarkan dengan grid pembesaran berukuran 75 cm x 75 cm, maka rasio skala perbandingannya adalah?

Jawaban:......................................................................................................................


Refleksi

Jawablah dengan jujur pertanyaan berikut ini, berilah tanda centang (√) pada salah satu kolom jawaban sesuai dengan level tingkat kemampuan yang dimiliki!

No

Pertanyaan

1

2

3

4

5

1.

Seberapa mampu kamu memahami pengertian menggambar skala (grid)!






2.

Seberapa mampu kamu menjelaskan cara kerja grid dalam perbesaran/pengecilan gambar!






3.

Seberapa mampu kamu menghitung hasil ukuran skala dan grid dalam kegiatan perbesaran/pengecilan gambar!






4.

Seberapa mampu kamu memperbesar gambar (foto atau peta) dengan bantuan grid.







Referensi

Kemdikbudristek, Buku Panduan Guru Seni Rupa untuk SMP/MTs Kelas VIII, (Rassjoyo dan Ahmad Mutohar 2021).

Umpan Balik

Nilai

Paraf Guru





AKTIVITAS PESERTA DIDIK

1.4.1 Aktivitas Individu

Aktivitas 1

Pasangkan pernyataan berikut ini dengan pilihan istilah yang tepat!





a.






b.






c.


4.




d.


5.




e.


6.




f.


7.




g.


8.




h.


9.


 


i.


10



j.



Aktivitas 2

Analisislah contoh gambar ilustrasi berikut ini mulai dari jenis, corak dan fungsinya!

No

Gambar Ilustrasi

Penjelasan 


Sumber: https://www.kibrispdr.org/



Sumber: https://id.pinterest.com/



Sumber: https://id.pinterest.com/



Sumber: https://id.pinterest.com/



Sumber: https://ovemydelfita.blogspot.com/



1.4.2 Uji Pemahaman

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan benar.

  1. Jelaskan fungsi gambar ilustrasi pada buku pelajaran!

Jawaban:................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

  1. Apa saja unsur-unsur dalam gambar ilustrasi?

Jawaban:................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

  1. Apa saja yang dapat dibuat gambar ilustrasi?

Jawaban:................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

  1. Jelaskan fungsi utama dari gambar ilustrasi?

Jawaban:................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

  1. Jelaskan beberapa gaya dalam gambar ilustrasi

Jawaban:.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


Refleksi

Jawablah dengan jujur pertanyaan berikut ini, berilah tanda centang (√) pada salah satu kolom jawaban sesuai dengan level tingkat kemampuan yang dimiliki!

No

Pertanyaan

1

2

3

4

5

1.

Seberapa mampu kamu memahami pengertian menggambar ilustrasi!






2.

Seberapa mampu kamu menjelaskan penekanan fungsi dan tujuan yang ada dari berbagai jenis gambar ilustrasi 






3.

Seberapa mampu kamu menguasai media dan alat yang digunakan untuk menggambar ilustrasi!






4.

Seberapa mampu kamu membuat gambar ilustrasi yang baik!







Referensi

Kemdikbudristek, Buku Panduan Guru Seni Rupa untuk SMP/MTs Kelas VIII, (Rassjoyo dan Ahmad Mutohar 2021).

Umpan Balik

Nilai

Paraf Guru




AKTIVITAS PESERTA DIDIK

1.5.1 Aktivitas Individu

Pasangkan pernyataan berikut ini dengan pilihan istilah yang tepat!

1.



a.


2.



b.


3.



c.


4.



d.


5.



e.



1.5.2 Aktivitas Kelompok

  1. Bentuklah kelompok setiap kelompok terdiri dari 3-4 orang!

  2. Analisislah 3 contoh lukisan suasana berikut ini, mulai dari tema suasana hingga representasi simbol objek yang dilukiskan! 

  3. Tulislah hasil analisis yang kalian lakukan dalam tabel laporan masing-masing.

  4. Presentasikan bagaimana hasil analisis yang kalian lakukan di depan kelas secara berganatian.



No

Lukisan

Pemaparan hasil analisis


Lukisan “Penangkapan Pangeran Diponegoro”

Sumber: https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/



Lukisan “Saat Bahagia Panen Raya”

Sumber: https://dunialukisan-javadesindo.blogspot.com/



Lukisan “Pasar Tradisional”

Sumber: https://mashuripelukis.wordpress.com/




1.5.3 Uji Pemahaman

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan benar.

  1. Apa yang dimaksudkan dengan melukis suasana?

Jawaban:................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

  1. Sebutkan aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam melukis suasana!

Jawaban:................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

  1. Apa jenis cat yang cocok bagi pelukis pemula? Jelaskan mengapa!

Jawaban:................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

  1. Jelaskan media lukis linen!

Jawaban:................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

  1. Sebutkan Langkah-langkah dalam melukis suasana!

Jawaban:................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................



Refleksi

Jawablah dengan jujur pertanyaan berikut ini, berilah tanda centang (√) pada salah satu kolom jawaban sesuai dengan level tingkat kemampuan yang dimiliki!

No

Pertanyaan

1

2

3

4

5

1.

Seberapa mampu kamu memahami pengertian melukis suasana?






2.

Seberapa mampu kamu menganalisis penekanan lukisan suasana yang berkaitan dengan waktu, tempat dan peristiwa tertentu?






3.

Seberapa mampu kamu menjelaskan aspek-aspek penting dalam melukis suasana?







Referensi

Kemdikbudristek, Buku Panduan Guru Seni Rupa untuk SMP/MTs Kelas VIII, (Rassjoyo dan Ahmad Mutohar 2021).

Umpan Balik

Nilai

Paraf Guru





Tidak ada komentar:

Posting Komentar